Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan One Piece Tamat?

Pertanyaan yang sangat krusial sebagai penggemar lama One Piece, "Kapan One Piece Tamat?" menjadi tolak ukur kecintaan kita dan besarnya rasa penasaran kita tentang peristiwa yang akan terjadi di akhir cerita nanti.

Kapan One Piece Tamat

Perjuangan Luffy, Zoro, Nami dan nakama lainnya masih belum berakhir. Tetapi alur cerita ini hampir mencapai puncaknya - kata Eiichiro Oda.

Sebagai seorang mangaka yang dicintai oleh penggemarnya, Oda juga telah memberikan beberapa informasi tentang berakhirnya cerita One Piece.

Sebut saja saat menceritakan kilas balik Oden. Disitu Raja Bajak Laut Gol D. Roger sudah mencapai titik akhir dari dirinya sebagai seorang bajak laut.

Roger meraih kehormatan Raja Bajak Laut karena darahnya, terhambat oleh penyakitnya, menyerahkan diri kepada Angkatan Laut, dieksekusi oleh Angkatan Laut, dan menyalakan api semangat untuk generasi baru.

Itu yang diceritakan oleh kilas balik Oden dan Rayleigh, dan kemungkinan itu juga yang akan terjadi pada Luffy.

Tentu saja terdapat tambahan yang belum kita duga sebelumnya, mengingat mangaka One Piece ini terbilang genius dengan alur ceritanya!

Oke, berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu ketahui untuk mengestimasi kapan waktu yang pas untuk seri One Piece ini tamat.

100 Volume One Piece Saja Tidak Cukup!

Wawancara Akhir One Piece oleh Akashiya Sanma

Pada Januari 2019, Akashiya Sanma bertanya tentang Volume 100 di acara Honmadekka TV. Kurang lebih seperti ini terjemahannya:

Q: "Apakah One Piece akan berakhir di Volume 100?"

A: "Aku tidak mengatakan One Piece akan tamat di Volume 100. Ada banyak yang tidak bisa aku ceritakan. Tapi pastinya Ending One Piece semakin dekat. 100 Volume akan lebih sedikit saja."

Dari jawaban itu, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa One Piece tidak bisa berakhir di Volume 100 dan itu sudah terbukti!

Sekarang saja sudah Volume 101 dan memasuki Volume 102. (per Januari 2022)

Selain itu arc Wano juga belum berakhir. Walaupun sudah hampir mencapai puncaknya, dipastikan masalah baru juga ikut muncul karena Luffy dkk sedang melawan orang paling berpengaruh di dunia bajak laut.

Dari sini kita bisa ikut merasakan akan banyaknya konflik yang mungkin terjadi.

Odacchi, serius nih One Piece bakal tamat dalam 5 tahun?

Apakah One Piece Berakhir 5 Tahun?

Seorang penggemar dengan nama pena pari_bentham bertanya kepada Oda di SBS Vol. 97 (September 2020).

Q: Sebuah pertanyaan untuk Odacchi!! Benarkah Anda akan berhenti membuat serial One Piece dalam 5 tahun? Bahkan jika itu masalahnya, pengumuman resmi seperti itu akan menjadi pil yang sulit untuk ditelan oleh para penggemar!! Banyak sesama penggemar nakama yang saya kenal menangis mendengar pengumuman itu! Bagaimana Anda berniat untuk bertanggung jawab?!! Itulah yang ingin saya katakan, tetapi yang saya pikir sangat saya inginkan adalah agar Odacchi akhirnya mengambil cuti panjang.

A: "Benar. Alih-alih ingin berhenti, seri ini akan berakhir, karena bagian paling menarik dari petualangan Luffy, adalah kisah "apa itu One Piece?", akan sampai pada kesimpulannya. Situasi sedang memanas di Negeri Wano sekarang, tapi jika Luffy bisa berlayar dari sini dengan selamat, akan ada perkembangan dalam skala global, sebuah cerita mendebarkan yang belum pernah dibaca orang sebelumnya, aku akan menggambarnya "pertempuran terbesar yang pernah ada" dalam sejarah OP. Ini akan menarik!! Dengan kata lain, saya membuat pernyataan seperti itu sehingga pembaca dapat secara mental siap untuk memahami bahwa bahkan sebuah cerita selama ini benar-benar menuju ke akhir. Konon, untuk saat ini luangkan waktu Anda dan nikmati Wano selagi panas. Aku akan menggambar dengan seluruh kekuatanku!!"

SBS Vol. 97 (September 2020)

Oke, itulah jawaban Oda dan berikut adalah catatan untuk jawaban itu.

Oda menyatakan tahun lalu dalam sebuah wawancara bahwa dia memiliki rencana untuk One Piece berakhir dalam lima tahun. Baru-baru ini, dia melakukan wawancara lain di mana dia menyatakan bahwa angka tersebut diturunkan ke suatu tempat antara 4 hingga 5 tahun dan menambahkan bahwa dia tidak ragu lagi tentang apa yang tersisa untuk diberitahukan.

Kali ini dia membuat pernyataan resmi dalam volume ini (97) kepada semua pembaca.

Dalam jawaban ini, saya merasa bahwa Oda menyatakan "saya tidak begitu ingin berhenti membuat serial One Piece, tetapi misteri tentang apa itu One Piece akhirnya akan segera terjawab, dan pada saat itu tidak ada." Tidak banyak lagi alasan serial ini untuk dilanjutkan karena itu adalah bagian paling menarik dari petualangan Luffy bagi para pembaca. Dia memberi tahu penggemar sebelumnya kapan serial ini akan berakhir sehingga mereka dapat mempersiapkan mental untuk menikmati tahun-tahun yang tersisa secara maksimal.

Omong-omong, kata-kata Oda tentang "perang terbesar yang pernah ada" menggunakan istilah "great" yang sama dengan yang digunakan Oden untuk merujuk pada perang yang mungkin menelan perang di masa depan, yang juga sama dengan "great" dari "Great Kingdom"

Perhatikan juga: Mengingat kata-katanya, kalimat pertama dari jawaban Oda dapat ditafsirkan sedikit berbeda karena diucapkan dalam istilah yang agak kabur, jadi definisi Oda tentang apa alur cerita dari "Apa itu One Piece?" dapat dipahami dengan cara yang berbeda.

Beberapa orang menganggapnya sebagai "ketika Luffy menemukan One Piece, seri tidak akan memiliki alasan untuk dilanjutkan", sementara yang lain menganggap bahwa cerita hanya akan mulai menarik (perang terakhir disebutkan nanti) hanya setelah dia menemukan One Piece itu sendiri, jadi interpretasi bit spesifik ini dapat bervariasi.

Namun, itu hanya berlaku untuk baris pertama itu; yang kurang jelas adalah jawaban langsungnya untuk pertanyaan tentang "benarkah Anda akan berhenti membuat serial One Piece dalam 5 tahun?" dengan jawaban "ya" yang jelas, serta penyebutannya yang terakhir tentang telah membuat pernyataan seperti itu tentang berapa tahun tersisa dalam wawancara baru-baru ini demi membuat orang siap secara mental untuk memahami One Piece dengan benar menuju akhir.

Semua pembicara Jepang yang saya ajak bicara tentang ini semua menyetujui konfirmasi ini, yang masuk akal karena dia juga mengkonfirmasi ulang beberapa minggu yang lalu dalam wawancara lain, dan volume Majalah hari ini menyatakan bahwa kita "menuju final", dll.

Jelas jika itu terjadi atau tidak itu tergantung, kita semua tahu Oda cenderung memperluas hal ini, tetapi setidaknya dia mengkonfirmasinya di sini)

Artur (@newworldartur)

Artur menyampaikan jawaban ini pada September 2020 kemarin, jadi jika itu benar maka One Piece akan tamat pada tahun 2025.

Saat ini baru memasuk tahun 2022, yang berarti tinggal 3-4 tahun lagi untuk mengakhirinya.

Baca juga: Daftar Episode One Piece Terlengkap!

Pertanyaan paling menarik: Apa itu One Piece?

Apa itu One Piece?

Yap, ini adalah pertanyaan pertama yang saya ucapkan setelah selesai membaca seri One Piece dan jatuh cinta dengan seri One Piece.

Dan kira-kira apa yang saya dapatkan? Ternyata Oda sendiri sudah memberi petunjuk tentang "apa itu One Piece" melalui wawancara berikut ini:

Oda: Ya, aku sudah memutuskan bagaimana cerita ini akan berakhir. Apa perlu aku beritahu sekarang?

Sakura: … Yah, aku ingin tahu, tapi sepertinya lebih baik tidak. TAPI, wujud One Piece itu bukan semacam 'petualangan yang telah kalian lalui', kan?

Oda: Hahaha, bukan bukan, Aku tidak akan mengeluarkan sesuatu yang berbau Wizard of Oz seperti itu. Setelah melalui petualangan seperti itu, akan tidak adil kalau tidak memberikan mereka hadiah yang setimpal.

Omedetou (2014), diterjemahkan oleh William

Inti jawaban Oda adalah "One Piece" memang benar-benar ada. Dalam artian, harta tersebut bukan hal yang sifatnya abstrak seperti "petualangan yang telah kalian lalui", melainkan sesuatu yang memang memiliki wujud dengan nilai yang tinggi.

Apa tebakan kamu tentang harta karun yang memiliki wujud dengan nilai yang tinggi?

Pasti tebakannya tidak jauh dari emas, permata, berlian, dan barang-barang berharga lainnya yang bisa diuangkan dalam jumlah besar.

Namun apakah tebakan itu berlaku untuk One Piece? tentu saja berlaku, tetapi itu akan membuat ending One Piece sedikit anti-klimaks.

Pasalnya, Luffy sudah berkali-kali mendapatkan emas dan berlian selama perjalanannya. Di Skypiea, Thriller Bark, dan Pulau Fishman.

Khusus untuk yang disebut terakhir, Pulau Fishman, Luffy malah memberikan seluruh hartanya kepada Yonkou Big Mom supaya Pulau Fishman terselamatkan dari amarah Big Mom.

Emas dan berlian nilainya tidak seberapa di mata Luffy. Jadi, apakah "One Piece" akan sepadan dengan perjuangan Luffy kalau wujudnya berupa emas dan berlian?

Kalau "One Piece" bukan emas dan berlian, lalu apa? Pastinya sesuatu yang lebih berharga daripada emas dan berlian. Sesuatu yang akan melengkapi semua potongan cerita yang ada dan sesuatu yang sepadan untuk mengakhiri cerita yang epic.

Teori Ending One Piece

Teori Ending One Piece

Menurut teori RokushikiMaster yang menulis eBook "Teori One Piece" 2016 silam, ending dari cerita One Piece akan selaras dengan arti kata "One Piece", yaitu "satu keping."

"Satu Keping" ini menggambarkan kondisi lautan yang menjadi satu. Selain itu, ada satu arti lagi yang menarik yang ditulis dalam huruf kanji; "ひとつなぎの大秘宝" itu dibaca "Hitotsunagi no Daihihō".

Daihihō artinya "harta karun besar yang tersembunyi". Sedangkan Hitotsunagi bisa berarti cincin atau kalung. Namun bila diterjemahkan terpisah, "hito" berarti "satu" dan "tsunagi" berarti "hubungan". Jadi, hitotsunagi berarti "satu hubungan".

Tapi karena "hitotsunagi" ditulis dalam alfabet hiragana, "hito" bisa berarti manusia.

Jadi, kalau diartikan seluruhnya, "One Piece" atau "Hitotsunagi no Daihihō" adalah permainan kata yang berarti "harta karun besar yang saling menghubungkan manusia satu sama lain" (teori ini dicetuskan oleh geez dari situs mangahelpers).

Bila permainan kata tersebut dihubungkan dengan keadaan lautan "One Piece", maknanya akan lebih masuk akal.

Lautan "One Piece" secara harfiah akan menghubungkan setiap manusia dari seluruh lautan, yang sebelumnya hanya terisolasi di pulau mereka masing-masing.

Itulah jawaban tentang kapan One Piece tamat dan sedikit tambahan teori tentang akhir seri One Piece. Semoga jawaban ini membantu!


Referensi:

  • Pertanyaan Akashiya Sanma di acara Honmadekka TV
  • Pertanyaan pari_bentham di SBS ONE PIECE Vol. 97
  • Analisis Artur - Library of Ohara
  • Wawancara oleh Sakura di Omedetou (2014)
  • eBook (2016) Teori One Piece oleh RokushikiMaster

Posting Komentar untuk "Kapan One Piece Tamat?"