Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penting! Ini 2 Perbedaan Manga dan Webcomic One Punch Man

Pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa manga One Punch Man ada 2 versi dan kenapa ada versi lain selain cerita asli?

Jika pernah, artikel ini akan membantumu menemukan jawabannya. Namun, jika tidak, maka ini akan menjadi informasi berharga untuk kamu pecinta seri One Punch Man.

Perbedaan Manga dan Webcomic One Punch Man

Selama artikel ini ditulis, One Punch Man Season 3 belum dirilis. Kamu bisa mengetahui informasinya melalui artikel ini, "Kapan One Punch Man Season 3 Rilis?".

Perbedaan Manga dan Webcomic One Punch Man

Yusuke Murata

Sepertinya perbedaan ini bisa langsung kamu ketahui dari tingkat seni yang sangat berbeda dan kualitas gambar yang sangat bagus.

Tentu, gambaran Yusuke Murata sangat bagus dan detail. Ia juga sempat memenangkan juara desain di tahun 2016 dan akhirnya menjadi seorang mangaka.

ONE dan Yusuke Murata

Sugoi Japan Awards 2016 - ONE and Yusuke Murata

Berbeda dari gambaran ONE, bisa dibilang gambaran ONE lebih tepat disebut sebagai sketsa awal. Namun, tampaknya cerita yang sangat bagus membuatnya lebih unggul dari kualitas gambarnya.

Setelah membedakan tentang kualitas gambar, yang harus kamu ketahui selanjutnya adalah versi rilis dan sebelum rilis.

Ini akan menjadi hal yang sangat menentukan. Pasalnya gambaran ONE hanya digunakan sebagai sketsa awal, referensi, dan pre-release dari serial One Punch Man.

ONE sendiri meminta Yusuke Murata untuk menggambar cerita yang ia buat untuk menghidupkan karakter dan cerita yang kemudian diterima dengan senang hati oleh Murata.

Perhatikan tabel berikut

MangaWebcomic
Rilis ResmiPre-Release
Adaptasi AnimeCerita Asli

Dapat gambaran? Benar, sebenarnya yang sering kita sebut manga'nya ONE ini disebut webcomic, bukan manga. Sedangkan yang dimaksud manga harusnya ya gambaran Murata, manganya Murata.

Ini sering kali menjadi kekeliruan yang tersebar luas di kalangan fans, khususnya fans di Indonesia.

Apalagi setelah fanart One Punch Man Vs God dirilis, mereka sering menganggap itu adalah cerita asli. Padahal, manga tersebut adalah hasil kolaborasi fans yang ikut membangun cerita yang ditujukan untuk kepuasan batin.

Ngomong-ngomong, ONE adalah author dari serial One Punch Man ya! Sedangkan Yusuke Murata adalah artist dari serial ini.

Manga

Manga dan Webcomic One Punch Man

Seperti yang kamu ketahui, manga One Punch Man diserialisasikan di Young Jump Next, Shueisha dan digambar oleh Yusuke Murata, yang kemudian manga inilah yang akan mendapat adaptasi menjadi anime oleh studio pilihan.

Pada musim pertama kemarin dibuat oleh studio Madhouse dan di musim keduanya dibuat oleh J.C. Staff.

Webcomic

Webcomic ONE Rakugaki

Ini adalah cerita asli dan dibuat oleh ONE. Semua alur cerita One Punch Man berasal dari sini kemudian diteruskan menjadi manga.

Perlu kamu ketahui, Murata mengambil referensi dari Webcomic dan atas persetujuan atau arahan ONE untuk menggambar manga yang akan diterbitkan di Young Jump.

Fanart/Fanmade One Punch Man vs GOD

Fanart/Fanmade One Punch Man vs GOD

Ini adalah manga yang dibuat untuk kepuasan fans yang menyukai serial One Punch Man dan mencoba membuat cerita yang lebih over power. Tentu, ini bukan pemikiran asli dari ONE maupun Murata walaupun style gambarnya hampir sama.

Selain itu, manga ini juga dibuat bersama-sama atau kolaborasi dari mangaka-mangaka dan desainer mahir yang sebenarnya juga terjun dalam bidang desain dan manga.

Kesimpulan

Perbedaan mendasar dari manga dan webcomic adalah pada proses hasil dan proses pembuatan, dimana versi Murata dibuat untuk menghasilkan gambar terbaik serta siap dipasarkan dalam bentuk manga ataupun anime, sedangkan versi ONE merupakan sketsa awal dan sumber cerita sebelum dirilis.

Bagaimana? Apa masih ada pertanyaan? Sampaikan pertanyaan lainnya di kolom komentar ya..

1 komentar untuk "Penting! Ini 2 Perbedaan Manga dan Webcomic One Punch Man"

  1. tapi lebih bagus gambar di jump yah.. lebih real kelihatannya.

    BalasHapus