Apa itu OVA, OAD, ONA, BD, TV, Batch Dalam Industri Anime?

Sebagai otaku atau pecinta anime, kamu harus tau apa itu OVA, OAD, ONA, BD, TV, Batch dalam industri anime Jepang. Kalau nggak, bisa jadi bahan bully-an senior kamu nanti hehe. Walaupun cuman candaan sih!!

Berikut ini adalah pengertian OVA, OAD, ONA, BD, TV, Batch yang kamu cari.

OVA

OVA (merupakan singkatan dari Original Video Animation), adalah sebuah istilah di Jepang untuk menyebut satu atau serangkaian anime yang dipublikasikan langsung ke dalam format video tanpa didahului penyiaran di televisi ataupun bioskop.

Episode OVA biasanya berisi cerita sempalan dari suatu anime dan tidak jarang juga menceritakan alur yang terdapat pada sumber anime tersebut. Yang dimaksud sumber anime disini adalah proses awal sebelum menjadi anime dan dianimasikan menjadi anime atau mendapat adaptasi anime. Misalnya saja berasal dari manga, novel, web comic, game, atau yang lainnya.

Tentu saja, episode OVA dibuat untuk mengetahui minat penonton dan mengisi waktu delay/luang dari suatu anime agar penonton tidak merasa bosan dengan cerita dari anime tersebut.

OAD

OAD (merupakan singkatan dari Original Animation DVD) adalah istilah alternatif untuk menyebutkan animasi video asli yang dirilis dalam bentuk DVD. Sama seperti OVA, ONA yaitu dibuat untuk tujuan mengetahui minat penonton mengenai sebuah anime dan mengisi waktu delay/luang suatu anime.

ONA

ONA (Merupakan singkatan dari Original Net Animation) adalah sebuah istilah untuk menyebut sebuah anime yang langsung dirilis ke Internet (streaming). Selain itu, ONA mungkin juga telah ditayangkan di televisi yang kemudian ditayangkan kembali di internet melalui situs resmi mereka ataupun media streaming resmi lainnya.

Idealnya, ONA yang hanya dirilis ke dalam internet hanya berlangsung dalam beberapa meit saja.

Anime BD

Istilah BD dalam anime mengacu pada media penyimpanan file atau penyimpanan data digital yang berbentuk cakram. Biasanya disebut “Blu-ray Disc“, merupakan format cakram optik untuk penyimpanan media digital/video berkualitas tinggi.

Nah pengertian dari anime BD sendiri adalah video anime berkualitas tinggi. Entah dari grafik, suara, sensor, kelengkapan adegan, dan jam tayang menjadi tolak ukur anime BD.

Tentu saja, karena anime BD hanya dapat dinikmati jika kamu membeli anime BD ini. Selain itu, anime BD merupkan favorit lain dari anime TV.

Anime TV

Anime TV merupakan tayangan anime yang secara langsung maupun tidak langsung pernah ditayangkan pada salah satu stasiun televisi Jepang. Misalnya seperti berbagai tayangan anime yang diputar pada stasiun TV Tokyo, Animax, Abema, dan lain sebagainya.

Dalam segi kualitas, tayangan anime TV sangat jauh berbeda dengan anime BD. Dimana anime BD lebih unggul dari segi manapun.

Anime Batch

Anime Batch adalah kumpulan dari beberapa file (biasanya “episode”) dari suatu anime yang digabungkan menjadi satu file/arsip (biasanya file RAR/ZIP). Atau lebih singkatnya adalah gabungan dari beberapa episode.

Anime Batch biasanya digunakan untuk menggabungkan beberapa episode dari salah satu anime musiman atau alur cerita (Arc) dari anime TV. Tentu, anime Batch akan sangat menguntungkan pengguna yang mengunduh file tersebut untuk dinikmati karena spesifikasi yang lengkap.

O iya, jika kamu ingin mengunduh anime Batch dari salah satu anime favorit kamu, kamu perlu memastikan status anime tersebut “telah selesai”, sudah dibuat “anime Batch”, dan aplikasi “WinRAR” (jika berbentuk file RAR/ZIP).

Itulah penjelasan dari apa itu anime OVA, OAD, ONA, BD, TV, Batch yang sering ditanyakan oleh anak baru di dunia otaku dan pecinta anime. Ada pertanyaan? Jika ada, silahkan tulis saja di kolom komentar. Ok 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *