Ini Dia 14 Movie One Piece Yang Wajib Kamu Ketahui!

Movie One Piece adalah sebuah film teater yang diproduksi dan dirilis oleh Toei Animation. Meskipun umumnya dibuat dengan pemain dan kru yang sama dengan serial anime, mereka cenderung membanggakan nilai produksi dan kualitas animasi yang jauh lebih tinggi.

Sejak adaptasi anime dari manga One Piece yang dibuat oleh Eiichiro Oda pada tahun 1999, Toei Animation telah memproduksi empat belas film berdasarkan waralaba, yang secara tradisional dirilis selama liburan sekolah musim semi Jepang sejak tahun 2000.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang seluk beluk dari masing-masing movie One Piece, mari kita ulas satu per satu. Berikut detail informasinya.

1. One Piece: The Movie

One Piece: The Movie

One Piece: The Movie adalah film animasi pertama dari waralaba yang dibintangi oleh Mayumi Tanaka sebagai Monkey D. Luffy, Kazuya Nakai sebagai Roronoa Zoro, Akemi Okamura sebagai Nami, dan Kappei Yamaguchi sebagai Usopp.

Selain itu film ini disutradarai oleh Junji Shimizu, kemudian ditulis oleh Michiru Simada, dan dikisahkan oleh Mahito Ōba. Sedangkan untuk musik dibawakan oleh Kōhei Tanaka.

Movie pertama ini rilis pada 4 Maret 2000 dengan durasi waktu 51 menit yang diproduksi oleh Toei Animation.

Pada film ini menampilkan kisah orisinal yang terpisah dari kanon, meskipun status ceritanya cocok dengan periode antara Arc Desa Syrup dan Arc Baratie.

Sinopsis:

Setelah pertemuan kebetulan dengan trio pencuri, Bajak Laut Topi Jerami menemukan diri mereka berselisih dengan Eldoraggo, bajak laut yang kejam diberdayakan oleh Buah Iblis yang menakutkan dan terobsesi dengan emas seperti beberapa pencuri lainnya.

Tujuan utama Eldoraggo adalah pulau yang tertutup mitos di mana Kapten Woonan yang legendaris dikatakan telah menimbun emas di luar imajinasi.

Dengan bantuan vendor lama dan cucunya – mungkin penghubung terakhir yang hidup dengan Woonan – Topi Jerami harus mengalahkan Eldoraggo dan krunya, dan menemukan rahasia harta karun terbesar Woonan untuk diri mereka sendiri.

2. Clockwork Island Adventure

One Piece Clockwork Island Adventure

One Piece Clockwork Island Adventure adalah film teater yang ceritanya terpisah/berdiri sendiri dari kanon, meskipun begitu, alur ceritanya agak cocok dengan periode antara East Blue Saga dan Alabasta Saga.

Selain itu film ini disutradarai oleh Junji Shimizu, dan ditulis oleh Hiroshi Hashimoto. Sedangkan untuk musik masih dibawakan oleh Kōhei Tanaka.

Movie ini rilis pada 3 Maret 2001 dengan durasi waktu 55 menit. Ini adalah movie yang berlangsung setelah satu tahun rilis dari One Piece: The Movie.

Sinopsis:

Dalam mengejar Going Merry yang dicuri, Bajak Laut Topi Jerami bergabung dengan Thief Brothers, sepasang bajingan yang tidak cocok dengan desain di Clockwork Island yang menakjubkan – tapi mematikan.

Dengan cepat perang habis-habisan itupun terjadi di antara mereka dan klan bajak laut yang berkuasa di Clockwork Island, yang kapten tiraninya, Bear King, berencana tidak hanya menaklukkan lautan dengan senjata super yang menakutkan, tetapi juga menjadikan Nami sebagai pengantinnya dengan cara apa pun yang diperlukan.

3. Chopper’s Kingdom on the Island of Strange Animals

One Piece Chopper’s Kingdom on the Island of Strange Animals

Chopper’s Kingdom on the Island of Strange Animals adalah film teater yang ceritanya terpisah/berdiri sendiri dari kanon. Seperti yang terlihat pada judul, itu sangat berfokus pada Tony Tony Chopper.

Selain itu film ini disutradarai oleh Junji Shimizu, dan ditulis oleh Hiroshi Hashimoto. Sedangkan untuk musik dalam film ini masih dibawakan oleh Kōhei Tanaka.

Movie ini rilis pada 2 Maret 2002 dengan durasi waktu 56 menit. Ini adalah movie yang berlangsung setelah satu tahun rilis dari One Piece: Clock Work Island Adventure.

Sinopsis:

Kisah-kisah tentang harta yang luar biasa menuntun Bajak Laut Topi Jerami ke Pulau Mahkota, hutan belantara subur yang dipenuhi binatang yang bisa berpikir seperti manusia. Dengan takdir, Tony Tony Chopper terpisah dari krunya, dan secara tidak sengaja memenuhi ramalan yang menyatakan tuan dan pelindung pulau, Raja Binatang.

Sekarang dihormati oleh penduduk pulau itu – terutama bocah pembenci bajak laut bernama Mobambi – Chopper menemukan dirinya terpecah antara “kerajaan” barunya dan tempatnya dengan Topi Jerami. Namun, pada waktunya, mereka semua tersapu dalam intrik Count Battler, seorang penjajah serakah yang berburu harta karun itu melalui cara-cara paling berdarah yang tak bisa dibayangkan.

4. Dead End Adventure

Dead End Adventure adalah film animasi ke-empat dari waralaba dan yang pertama kalinya dibintangi oleh Yuriko Yamaguchi sebagai Nico Robin.

Selain itu film ini disutradarai oleh Konosuke Uda, dan ditulis oleh Yoshiyuki Suga. Sedangkan untuk musik dalam film ini masih dibawakan oleh Kōhei Tanaka dan Shirō Hamaguchi.

Movie ini rilis pada 1 Maret 2003 dengan durasi waktu 95 menit. Ini adalah movie yang berlangsung setelah satu tahun rilis dari One Piece: Chopper’s Kingdom on the Island of Strange Animals.

Sinopsis:

Putus asa karena uang, Bajak Laut Topi Jerami memasuki perlombaan rahasia antara kru bajak laut yang dikenal sebagai Dead End Adventrue.

Di sana, mereka harus bertempur melawan orang-orang kuat, termasuk mantan Marinir yang menjadi bajak laut, Kapten Gasparde, dan pemburu hadiah yang ingin membunuhnya. Namun, dengan skema mematikan Gasparde, apakah semua lawannya ditakdirkan sejak awal?

5. The Cursed Holy Sword

The Cursed Holy Sword adalah film animasi ke-lima dari waralaba yang sebagian besar ceritanya berfokus pada Roronoa Zoro. Film ini terkait dengan animasi pendek Take Aim! The Pirate Baseball King.

Selain itu film ini disutradarai oleh Kazuhisa Takenouchi, dan ditulis oleh Yoshiyuki Suga. Sedangkan untuk musik dalam film ini masih dibawakan oleh Kōhei Tanaka.

Movie One Piece ini rilis pada 6 Maret 2004 dengan durasi waktu 95 menit. Ini adalah movie yang berlangsung setelah satu tahun rilis dari One Piece: Dead End Adventrue.

Sinopsis:

Di Pulau Asuka, Bajak Laut Topi Jerami belajar tentang Shichiseiken, yang dianggap sebagai pedang paling indah di dunia dan harta yang berharga, meskipun berisi kutukan yang mematikan.

Ketika mereka kembali ke kapal, mereka menemukan bahwa Zoro, yang bertindak sebagai penjaga, hilang, tetapi mereka terpaksa meninggalkan pelabuhan ketika mereka diserang oleh Marinir.

Mereka berlabuh di bagian lain pulau dan menemukan sebuah desa, yang tugasnya adalah untuk menjaga Tujuh Pedang Bintang yang disegel. Segera setelah diserang oleh Marinir yang mencoba membebaskan pedang — di antaranya adalah Zoro!

Apa alasan Zoro untuk melakukan ini? Apa rahasia pedang itu? Mengapa Marinir menginginkannya? Jawabannya ada pada malam bulan merah.

6. Baron Omatsuri and the Secret Island

Baron Omatsuri and the Secret Island adalah film animasi ke-enam dari waralaba. Pada minggu pertama, movie ini sempat menempati posisi ke-tiga dan masuk dalam kategori Top 10 of the Japanese Box Office selama 6 minggu.

Film ini disutradarai oleh Mamoru Hosoda dan ditulis oleh Masahiro Itō. Sedangkan untuk musik dalam film ini masih dibawakan oleh Kōhei Tanaka, Kazuhiko Sawaguchi, dan Minoru Maruo.

Movie One Piece ini sendiri rilis pada 6 Maret 2004 dengan durasi waktu 95 menit. Ini adalah movie yang berlangsung setelah satu tahun rilis dari One Piece: The Cursed Holy Sword.

Sinopsis:

Topi Jerami menerima undangan ke resor pulau di Pulau Omatsuri. Mereka memutuskan untuk pergi sebagai istirahat dari petualangan mereka dan untuk bersenang-senang. Sesampainya di pulau, ternyata mereka ditipu, mereka ditantang untuk menyelesaikan ‘The Trials Of Hell’.

Ada sesuatu yang aneh tentang Baron dan orang-orang di pulau itu. Dan ketika pertandingan dimulai, acara mulai menghancurkan persahabatan kru. Dan satu demi satu, setiap anggota hilang…

Pertemuan kebetulan dengan keluarga bajak laut dan mantan kapten bajak laut mengungkap beberapa misteri di Pulau Omatsuri, terutama yang menarik perhatian Robin tentang bunga spesial Pulau Omatsuri – Lily Carnation.

7. The Giant Mechanical Soldier of Karakuri Castle

The Giant Mechanical Soldier of Karakuri Castle adalah film animasi ke-tujuh dari waralaba dan film ke-dua yang masuk dalam kategori Top 10 of the Japanese Box Office selama 6 minggu.

Selain itu, film ini diaur sebelum cerita Water Seventh (7) Arc.

Film ini disutradarai oleh Kōnosuke Uda dan ditulis oleh Masahiro Itō. Sedangkan untuk produksi ditangani oleh Atsutoshi Umezawa dan musik dalam film ini masih dibawakan oleh Kōhei Tanaka.

Movie One Piece ini rilis pada 4 Maret 2006 dengan durasi waktu 95 menit. Ini adalah movie yang berlangsung setelah dua tahun rilis dari One Piece: Baron Omatsuri and the Secret Island.

Sinopsis:

Setelah menemukan peti harta karun dari kapal yang tenggelam, Bajak Laut Topi Jerami tidak sabar untuk melihat kekayaan apa yang menunggu mereka di dalam.

Alih-alih harta, mereka menarik seorang wanita tua. Ingin segera kembali ke rumah (dan menghindari kemarahan Nami karena telah membuang harta sebelumnya di peti), wanita tua itu menawarkan hadiah harta karun yang besar jika kru akan mengembalikannya ke rumahnya di Pulau Mecha. Legenda Mahkota Emas terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

Luffy mencium bau petualangan, jadi para kru tidak punya pilihan. Di sebuah pulau yang penuh dengan penemuan menakjubkan, para kru akan menguji keterampilan memecahkan teka-teki mereka — dan naluri Luffy — untuk memecahkan misteri Pulau Mecha dan harta karunnya.

8. Episode of Alabasta: The Desert Princess and the Pirates

The Desert Princess and the Pirates: Adventure in Alabasta adalah film animasi ke-delapan dari waralaba satu-satunya film One Piece yang juga dibintangi Misa Watanabe sebagai Nefeltari Vivi.

Ini adalah film yang menceritakan kembali Alabasta Arc. Baca juga: Daftar Episode One Piece agar kamu lebih memahamina.

Film ini disutradarai oleh Takahiro Imamura dan ditulis oleh Hirohiko Kamisaka. Sedangkan untuk musik dibawakan oleh Kōhei Tanaka, Shiro Hamaguchi, Yasunori Iwasaki, Kazuhiko Sawaguchi, dan Minoru Maruo..

Movie One Piece ini sendiri rilis pada 3 Maret 2007 dengan durasi waktu 90 menit. Ini adalah movie yang berlangsung setelah satu tahun rilis dari One Piece: The Giant Mechanical Soldier of Karakuri Castle.

Sinopsis:

Bajak Laut Topi Jerami melakukan perjalanan ke Alabasta, pulau terpencil dan rumah dari Nefertari Vivi.

Mereka menemukan negara di tengah revolusi. Crocodile, pahlawan negara itu, diam-diam menggunakan organisasi kriminalnya Baroque Works, untuk merusak kepercayaan warga terhadap Cobra, ayah Vivi dan kepala Kerajaan Pasir, untuk merebut tahta dan rahasia tersembunyi negara itu untuk dirinya sendiri.

Para kru sekarang harus menyeberangi padang pasir, menghentikan revolusi, menyelamatkan ribuan nyawa dari pembom tersembunyi Baroque Works, dan yang terpenting, mengalahkan Crocodile, salah satu Shichibukai yang perkasa.

9. Episode of Chopper Plus: Bloom in Winter, Miracle Sakura

Bloom in Winter, Miracle Sakura adalah film animasi ke-sembilan dari waralaba dan yang pertama kalinya dibintangi oleh Kazuki Yao sebagai Franky.

Ini adalah remake dari Arc Pulau Drum (yang pada dasarnya cerita “bagaimana jika”). Ini fitur untuk Franky, Nico Robin, dan Thousand Sunny, yang tidak hadir dalam versi aslinya.

Film ini disutradarai oleh Junji Shimizu dan ditulis oleh Hirohiko Kamisaka. Sedangkan untuk musik dibawakan oleh Kōhei Tanaka dan Yasunori Iwasaki.

Movie One Piece ini sendiri rilis pada 1 Maret 2008 dengan durasi waktu 113 menit. Ini adalah movie yang berlangsung setelah satu tahun rilis dari One Piece: The Desert Princess and the Pirates: Adventure in Alabasta.

Sinopsis:

Ini adalah film kedua yang berfokus pada Chopper (setelah film ketiga), karena itu adalah menceritakan kembali alur cerita Pulau Drum dari manga.

10. One Piece Film: Strong World

One Piece: Strong World adalah film animasi ke-sepuluh dari waralaba dan untuk yang pertama kalinya ditulis langsung oleh Eichiiro Oda. Film ini awalnya dimaksudkan untuk rilis musim semi pada tahun 2009, tetapi komplikasi dengan skrip membuatnya mengubah tanggal rilis.

Film ini ditayangkan perdana pada 12 Desember 2009. Pada 28 Juli 2012, Funimation mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh lisensi untuk One Piece Film: Strong World dan sejak saat itu mengumumkan tanggal rilis resmi sebagai 19 November 2013.

Sebagaimana dinyatakan, film ini adalah kisah asli yang ditulis oleh Eiichiro Oda sendiri untuk menghormati Ulang Tahun Kesepuluh One Piece. Dalam film-film sebelumnya, Oda hanya memasok desain karakter dan ide cerita yang disetujui.

Film ini terletak di antara Arc Thriller Bark dan Arc Sabaody ARchipelago, seperti Brook yang dipasangkan bersama Bajak Laut Topi Jerami lainnya (membuat ini penampilan Brook untuk film pertamanya), dan Sengoku dan Garp masih dalam posisi mereka di Marinir.

Film ini disutradarai oleh Munehisa Sakai dan berdurasi waktu 115 menit.

Sinopsis:

East Blue dalam krisis? Berita itu mengenai Bajak Laut Topi Jerami di sepanjang perjalanan mereka.

Dengan kota asal mereka menghadapi sejumput masalah, Luffy dan teman-temannya menunda petualangan mereka dan memutuskan untuk kembali ke East Blue, ketika tiba-tiba sebuah kapal bajak laut terbang misterius muncul dari langit.

>Orang yang menuju kapal itu tidak lain adalah pengguna Buah Iblis terkenal, Golden Lion Shiki, bajak laut legendaris yang sama yang berhasil melarikan diri dari penjara bawah laut Impel Down, dan berdiri di antara bajak laut terkenal seperti “Raja Bajak Laut” Gol D. Roger dan Shirohige.

Setelah menculik Nami karena keterampilan navigasinya yang intuitif, Shiki mengirim Luffy dan krunya bergegas ke pulau-pulau terapungnya sendiri.

Terpisah, kru menemukan diri mereka ditempatkan dalam pertempuran bertahan hidup dengan binatang buas yang menakutkan di lingkungan yang misterius. Apa yang terjadi pada bajak laut Topi Jerami? Apa itu Shiki? Petualangan di mana Topi Jerami menempatkan kehidupan mereka dimulai dari sini, sekarang!

11. One Piece 3D: Straw Hat Chase

Straw Hat Chase adalah film animasi ke-11 dari waralaba dan untuk yang pertama kalinya menggunakan konsep animasi komputer (3D CGI). Film ini diatur sebelum timeskip.

Ini adalah rilis film One Piece pertama dalam 3D CGI dan film One Piece kedua sejak Movie 3 menjadi fitur ganda yang ditampilkan dengan “Toriko 3D: Gourmet Adventure”, keduanya disebut sebagai “Jump Heroes Film”. Fitur ganda dirilis pada 19 Maret 2011.

Film ini disutradarai oleh Hiroyuki Satō dan ditulis oleh Yasuyuki Tsutsumi, dengan durasi waktu 30 menit.

Sinopsis:

Seluruh kru Topi Jerami mulai mencari topi jerami milik Luffy yang penting setelah ia bangun dan menemukannya telah hilang. Sementara itu, Usopp dan Chopper, ketika menjelajahi sebuah kapal yang tampaknya kosong, kebetulan menemukan seorang bajak laut yang sakit dan memutuskan untuk merawatnya kembali dengan Thousand Sunny mereka.

Seekor burung terlihat memegang topi Luffy dan kru mulai mengejar. Sekarang, topi jerami Luffy ingin mendapatkan kembali maskot dari dirinya itu; serta mengatasi rintangan seperti Marinir yang tak terduga dan Raja Laut.

12. One Piece Film: Z

One Piece Film Z adalah film animasi ke-12 dari waralaba yang rilis pada 15 Desember 2012 dan Dubbing pada 30 September 2014 oleh Funimation.

Film ini disutradarai oleh Tatsuya Nagamine dan ditulis oleh Osamu Suzuki. Sedangkan untuk eksekutif produksi ditangani oleh Eichiiro Oda serta musik dalam tema ini adalah Yasutaka nakata.

Movie One Piece ini berdurasi waktu 107 menit. Ini adalah movie yang berlangsung setelah satu tahun rilis dari One Piece 3D: Straw Hat Chase.

Sinopsis:

Dikatakan sebanding dengan Senjata Kuno, kartu truf Marinir “Batu Dyna” tiba-tiba dicuri dan orang yang sangat kuat yang bertanggung jawab adalah mantan Laksamana Marinir “Z”, yang berdiri di jalur Bajak Laut Topi Jerami.

Markas Besar Marinir akhirnya bergerak maju untuk berurusan dengan konspirasi yang mengancam akan mengguncang pilar Dunia Baru, dan Kuzan bertemu dengan Bajak Laut Topi Jerami di Dunia Baru.

Akhirnya, Luffy dan krunya bergerak untuk mengambil sikap melawan Z dan kekuatannya yang luar biasa.

13. One Piece Film: Gold

One Piece Film: Gold adalah film One Piece ke-13, yang dirilis di bioskop Jepang pada 23 Juli 2016. Film ini pertama kali diumumkan setelah siaran Episode Sabo.

Film ini disutradarai oleh Hiroaki Miyamoto, ditulis oleh Tsutomu Kuroiwa, dan eksekutif produksi ditangani oleh Eichiiro Oda seperti pada movie sebelumnya.

Movie One Piece ini berdurasi waktu 119 menit. Ini adalah movie yang berlangsung setelah empat tahun rilis dari One Piece Film: Z.

Selain itu, film ini juga menerima versi komik yang keluar di Jepang pada 25 Juli 2016.

Sinopsis:

Terletak di Gran Tesoro, sebuah negara merdeka yang disewa oleh Pemerintah Dunia, rumah dari kota hiburan terbesar dunia di mana para perompak terkenal, Marinir, dan miliarder di seluruh dunia berkumpul di “tempat perlindungan mutlak” yang bahkan tidak dapat disentuh oleh Pemerintah Dunia.

Di sana, Bajak Laut Topi Jerami bertemu penguasa negara, kaisar emas, Gild Tesoro, yang dengan mudah memenangkan bajak laut, Marinir, dan bahkan Pemerintah Dunia ke sisinya dengan uang. Dia akan mengambil tindakan untuk memenuhi ambisinya yang tak berdasar yang dapat mengakibatkan perubahan besar dalam hubungan kekuasaan di Dunia Baru.

14. One Piece: Stampede

One Piece: Stampede

One Piece adalah film animasi ke-14 dari waralaba dan merupakan movie One Piece terbaru yang rilis pada tahun 2019 untuk memperingati ulang tahun anime yang ke-20.

Berita ini pertama kali diumumkan setelah siaran di Episode of Sky Island. Eiichiro Oda menjabat sebagai creative supervisor.

Film ini disutradarai oleh Otsuka Takashi dan ditulis oleh Tamioka Atsuhiro.

Movie One Piece ini sendiri rilis pada 9 Agustus 2019 dengan durasi waktu 101 menit. Ini adalah movie yang berlangsung setelah tiga tahun rilis dari One Piece Film: Gold.

Sinopsis:

Film berlangsung selama Pirates Expo, “dibuat oleh bajak laut, untuk seorang bajak laut”, di mana bajak laut di seluruh dunia, termasuk beberapa yang paling terkenal, bergabung dalam perburuan harta karun besar untuk menemukan harta yang hilang, kali ini harta karun milik Gold Roger!

Itulah daftar episode movie One Piece terbaru yang wajib kamu ketahui.

Jadi, menurutmu mana yang termasuk dalam movie One Piece terbaik? Jangan sungkan menjawabnya di kolom komentar, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *